JAM

Selasa, 11 Januari 2011

TUGAS KTI

engertian, Komponen, dan Alur kerja pada motherboard


Analisa Praktikum :

Komponen CPU :

Casing.
Casing merupakan bagian luar dari sebuah CPU. Ada banyak casing yang beredar. Walau demikian bentuk yang lazim untuk sebuah casing CPU adalah berbentuk menara. Casing berfungsi untuk melindungi seluruh isi dalam sebuah CPU.

Mainboard.
kepingan papan electronic (PCB / Printed Circuit Board) yg berfungsi untuk menyediakan tempat (socket, slot & connector) berfungsi layaknya jembatan penghubung tiap komponen dalam CPU.
Memori.
 Memori adalah komponen CPU yang berfungsi sebagai tempat proses komputer berlangsung. Dengan semakin besar dan cepatnya memori, otomatis kecepatan proses yang dilakukan komputer juga akan meningkat

Harddisk
Merupakan komponen CPU yang berfungsi sebagai tempat menyimpan data. Dengan adanya harddisk, file-file dapat tersusun dengan rapi.

Processor
Prosesor layaknya otak dalam tubuh manusia. Prosesor dalam CPU berfungsi untuk melakukan berbagai proses yang diperintahkan kepadanya. Dengan prosesor yang cepat, otomatis proses yang dilakukan komputer juga akan berlangsung dengan cepat.


PENGERTIAN DAN KOMPONEN MOTHERBOARD


Motherboard adalah sirkuit utama pada komputer anda. proses pada komputer anda kebanyakan dilakukan dan di jelaskan pada motherboard seperti tentang karakteristik,bagaimana dapat berjalan dan yang lainnya. Sebuah motherboard, juga dikenal sebagai papan utama, papan sirkuit utama yang ada di dalam komputer, dan ini adalah tempat dari sebuah Central Processing Unit (CPU), memori, slot ekspansi, drive, dan perangkat periferal lain yang terhubung. Sirkuit pada motherboard memfasilitasi komunikasi antara semua perangkat di komputer, membuat mereka sebagai komponen yang penting bagi kinerja sebuah sistem seperti CPU atau memori.





Motherboard terdiri dari beberapa komponen, yaitu :

1. Soket Processor
Soket processor berfungsi untuk menancapkan Processor ke motherboard. Ada beberapa jenis Soket yang tersedia, bergantung kepada jenis Processor yang dapat dipasang. Jenis-jenis soket tersebut adalah :
·         Socket CPU Yang sesuai
·         DIP 8088 dan 8086 40
·         Socket 3 386 168
·         Socket 5 486 dan Pentium Klasik (P54C) 321
·         Socket 7 Pentium, MMX, K5, 6x86, K6, IDT
·         Winchip, 6x86MX, K6-2
·         Socket 8 Pentium Pro 387
·         Slot One Pentium II 242
·         Slot One Pentium II (bus sistem 100 MHz)
·         Pentium III (bus sistem 100 dan 133 MHz)
·         Slot One Celeron 242
·         Socket 370 Celeron yang di-Socket 370
·         Slot Two Pentium II Xeon, Tanner 330
·         Socket 423 Pentium IV 423
2.  Chipset
Chipset berfungsi untuk mengontrol motherboard secara keseluruhan. Frekwensi bus, jenis processor, slot ekspansi dan kapasitas memori juga amat bergantung pada chipset. Seperti motherboard dan processor, chipset juga memiliki berbagai produsen dan jenis, diantaranya adalah : OPTi, UMC, Ali (ACER Laboratories Inc), SiS, VIA dan Intel.
3. Slot RAM
Terdapat beberapa jenis Slot RAM, diantaranya adalah DIP, 30 Pin, 72 Pin dan 168 pin serta Slot RIMM untuk RDRAM
4. Slot Ekspansi
Slot ini berfungsi untuk menempatkan peralatan tambahan yang berfungsi sebagai sarana komunikasi antara peralatan input / output dengan motherboard, misalnya untuk VGA Card, Sound Card, Modem, dan lain-lain.
Jenis-jenis Slot Ekspansi adalah :
·         ISA (Industri Standard Architecture) 8 bit dan 16 bit
·         EISA (Extended ISA) 32 Bit
·         MCA (Micro Channel Architecture) 32 Bit
·         VL-Bus (VESA Local Bus) 32 Bit
·         PCI (Peripheral Component Interconnect) 32 Bit
·         AGP (Accelerated Graphic Port) 64 Bit
·         CNR (Communication and Network Riser)
5. Port IDE , FDD Serial dan Paralel
Port ini digunakan untuk pemasangan Hard Disk (IDE Port), Floppy disk drive (FDD Port) dan sarana komunikasi dengan perangkat lain (Serial Port) serta untuk pemasangan printer dan scanner (Paralel Port atau LPT Port)
6. BIOS (Basic Input Output System)
BIOS berfungsi untuk menginisialisasi dan mengkonfigurasi peripheral utamanya dalam proses input dan output. Kedudukan BIOS berada diantara perangkat keras dan Sistem Operasi komputer (Windows, DOS, Linux, OS/2, dan lain-lain). Semua perintah yang berasal dari sistem operasi, misalnya menulis ke disket atau membaca CDROM, ditampung dulu oleh BIOS.
7. Slot Power
Secara garis besar, slot power supply yang biasa digunakan terbagi 2 jenis, yaitu AT dan ATX.


Alur yang bekerja di Motherboard :



Alur komunikasi pada motherboard ada dua yaitu :
a)North bridge adalah chipset utama yang bekerja sebagai pengatur alur kerja processor dalam berhubungan dengan sejumlah komponen lainnya, chip pada north bridge berfungsi untuk mengatur aliran data dari dan ke processor, bus AGP, dan memori tama sistem.
b)South bridge merupakan chipset pembantu yang bekerja sebagai pengatur alur data kerja processor yang tidak diatur Chip North bridge seperti IDE/har disk, DMA, interrupt,USB serta DMA.
Cara kerjanya :
Pertama kali berproses adalah chip BIOS yg akan mem-verifikasi komponen yg dipasang sistem PC, seperti type processor, memory, add-on card, dan komponen lainnya. Biasanya semua komponen ini akan dideteksi otomatis oleh BIOS, dan disalin dalam list (daftar) yg dapat dilihat oleh user. BIOS mendapatkan power dari sebuah battere yg berfungsi ketika computer dimatikan (power-off), jadi data yg disimpan pada chip tidak akan hilang. Ketika BIOS selesai memverifikasi informasi dari seluruh komponen yg terinstall, maka tugas akan beralih ke chipset yg mengontrol seluruh device / komponen. Chipset mengatur processor ketika menginstruksikan atau meminta data dari memory, transfer dari memory ke HDD dan komponen I/O yg ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar